Kamis, 01 Oktober 2020
© 2018 SOROTONE.COM | Berita dan Gaya Hidup
 
17 Meter Kubik Kayu Ilegal di Siak Kecil Diamankan Gakkum LHK
Kamis, 10 September 2020 - 18:13:34 WIB
Tim Gabungan Ditjen Gakkum LHK, Balai Besar KSDA Riau dan Polda Riau, Selasa (8/9/2020) mengamankan 17 meter kubik kayu ilegal di wilayah Suaka Margasatwa (SM) Siak Kecil Desa Ruah Indrapura, Kecamatan Bunga Raya, Siak.
TERKAIT:
 
  • 17 Meter Kubik Kayu Ilegal di Siak Kecil Diamankan Gakkum LHK
  •  

    Siak, SorotOne.com- Operasi penindakan pembalakan kayu ilegal dilakukan Tim Gabungan Ditjen Gakkum LHK, Balai Besar KSDA Riau dan Polda Riau, Selasa (8/9/2020) di wilayah Suaka Margasatwa (SM) Siak Kecil Desa Ruah Indrapura, Kecamatan Bunga Raya, Siak. 

    Dalam operasi itu petugas berhasil mengamankan dan menghancurkan 17 meter kubik kayu ilegal serta 3 sawmill penampungan kayu serta mesin pengolahan kayu ilegal itu.

    Kepala Seksi Wilayah II Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau, Heru Sutmantoro membenarkan adanya operasi yang dilakukan tersebut. Dikatakannya, giat tersebut merupakan tindak lanjut atas informasi masyarakat tentang pembalakan liar dan pengolahan kayu ilegal yang berasal dari kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil. 

    "SM GIam Siak Kecil merupakan kawasan konservasi penting bagi Indonesia dan dunia karena merupakan bagian dari Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu yang telah ditetapkan oleh UNESCO dan merupakan Cagar Biosfer dengan karakteristik gambut," bebernya, Kamis (10/9/2020).

    Ia menerangkan, lokasi operasi ini merupakan salah satu wilayah di Provinsi Riau yang sangat rawan kebakaran hutan. Dimana ini telah dilaksanakan sejak 29 Agustus 2020 lalu dengan diawali mengidentifikasi tempat pengolahan kayu yang menampung kayu hasil pembalakan liar dari kawasan SM Giam Siak Kecil.

    "Kita temukan 3 sawmill di Desa Tuah Indrapura Kecamatan Bunga Raya, Siak dan menemukan 17 meter kubik kayu jenis Meranti dan campuran. Kita juga amankan 3 set mesin pengolahan kayu lengkap dengan 6 gergaji belah dan 4 alat pengangkut kayu," jelasnya.

    Sementara, untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut sebanyak 6 meter kubik beserta mesin pengolah kayu diamankan oleh Tim Opsgab ke Kantor Bidang KSDA Wilayah II BBKSDA Riau. Selanjutnya tim juga melakukan pemasangan papan peringatan dan larangan di kawasan SM Giam Siak Kecil.   (mcr/nv).




     
    Berita Lainnya :
  • 17 Meter Kubik Kayu Ilegal di Siak Kecil Diamankan Gakkum LHK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    BERITA PILIHAN +
    01 3 Hari Lagi, 4 Uang Rupiah Ini Tak Berlaku pada 2019
    02 Peras Warga yang Mengurus Surat Tanah, Uang Rp 10 Juta Jadi Barang Bukti
    03 Masih Tinggi, Dolar AS Pagi Ini Rp 15.195
    04 Polda Jabar Limpahkan Pelaporan Ratna Sarumpaet ke Metro Jaya
    05 Jurnalis Arab Saudi Hilang, Turki Curigai 2 Mobil Van Konsulat
    06 Inovasi dan Nilai Transformasi Digital Jadi Tema IKF VII
    07 Dolar AS Nyaris Rp 15.300, Money Changer Masih Sepi
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SOROTone.com | Berita dan Gaya Hidup, all rights reserved