Kamis, 01 Oktober 2020
© 2018 SOROTONE.COM | Berita dan Gaya Hidup
 
Spesialis Bobol ATM Diamankan Polsek Tampan
Jumat, 11 September 2020 - 23:11:53 WIB
polisi memasang police line di TKP. | Foto: Istimewa.
TERKAIT:
 
  • Spesialis Bobol ATM Diamankan Polsek Tampan
  •  

    Pekanbaru, SorotOne.com- Kepolisian Sektor Tampan, Kota Pekanbaru, meringkus dua pemuda tanggung setelah menguras isi rekening seorang istri TNI Angkatan Udara yang bertugas di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Provinsi Riau.

    Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita di Pekanbaru, Jumat (11/9),  mengatakan, akibat kejahatan dua pemuda berinisial WA (29) dan HM (27) itu, korban mengalami kerugian hingga Rp16 juta.

    "Kedua tersangka melancarkan aksinya dengan modus ganjal kartu ATM saat korban menarik uang di mesin anjungan tunai," kata dia.

    Ambarita menjelaskan aksi dua pemuda itu berlangsung pada Minggu (6/9/2020), saat korban tengah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI di komplek SPBU Jalan Srikandi, namun tiba-tiba kartunya tersangkut.

    Korban kemudian menanyakan kepada tersangka yang saat itu berpura-pura mengambil uang di mesin ATM lainnya. Karena panik, korban menuruti perkataan tersangka.

    "Korban kemudian menanyakan kepada pelaku WAP yang saat itu berpura-pura melakukan transaksi di mesin ATM lain. Pelaku kemudian mengarahkan korban untuk melakukan instruksi sesuai petunjuk, namun kartu korban tetap tidak bisa keluar karena sudah diganjal pelaku," ungkap Ambarita.

    Tanpa sadar, saat korban melakukan instruksi sesuai petunjuk, pelaku ternyata mengamati pin ATM korban. Setelah korban pergi, pelaku kemudian mengambil kartu ATM korban dari mesin yang sebelumnya telah dipasang pengganjal.

    "Setelah mendapatkannya, kedua tersangka pergi ke toko ritel untuk melakukan penarikan dan transfer dengan menggunakan kartu ATM korban sehingga korban mengalami kerugian Rp16 juta," ujarnya.

    Belakangan, korban menyadari usai kartunya terganjal, uangnya justru hilang. Atas kejadian ini korban melaporkannya ke kepolisian.

    Berdasarkan dari laporan tersebut, tim Unit Reskrim Polsek Tampan langsung melakukan penyelidikan. Berdasarkan rekaman CCTv yang berada di mesin ATM, identitas kedua pelaku akhirnya diketahui. Pelaku akhirnya berhasil diringkus saat berada di Jalan Teropong, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, pada Kamis (10/9/2020).

    "Diketahui bahwa kedua orang pelaku adalah spesialis bobol ATM. Pelaku mengakui bahwa telah melakukan pencurian uang dengan modus operandi ganjal ATM tersebut," ujarnya.

    Berdasarkan hasil interogasi, keduanya mengaku telah melakukan aksi ganjal ATM sebanyak 18 kali di lokasi di lima lokasi berbeda. Dalam penangkapan tersebut, petugas juga menemukan 10 lembar kartu ATM yang diduga milik para korbannya. (int/nv)



     
    Berita Lainnya :
  • Spesialis Bobol ATM Diamankan Polsek Tampan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    BERITA PILIHAN +
    01 3 Hari Lagi, 4 Uang Rupiah Ini Tak Berlaku pada 2019
    02 Peras Warga yang Mengurus Surat Tanah, Uang Rp 10 Juta Jadi Barang Bukti
    03 Masih Tinggi, Dolar AS Pagi Ini Rp 15.195
    04 Polda Jabar Limpahkan Pelaporan Ratna Sarumpaet ke Metro Jaya
    05 Jurnalis Arab Saudi Hilang, Turki Curigai 2 Mobil Van Konsulat
    06 Inovasi dan Nilai Transformasi Digital Jadi Tema IKF VII
    07 Dolar AS Nyaris Rp 15.300, Money Changer Masih Sepi
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SOROTone.com | Berita dan Gaya Hidup, all rights reserved