Sabtu, 15 08 2020
© 2018 SOROTONE.COM | Berita dan Gaya Hidup
 
Jokowi Perlu Evaluasi Sejumlah Sektor Sebelum Resuffle Kabinet
Senin, 06 Juli 2020 - 17:07:53 WIB
Foto: Istimewa
TERKAIT:
 
  • Jokowi Perlu Evaluasi Sejumlah Sektor Sebelum Resuffle Kabinet
  •  

    JAKARTA, SorotONE.com- Isu perombakan kabinet mencuat di tengah pandemik virus Corona baru (Covid-19) seiring dengan kemarahan Presiden Joko Widodo saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, beberapa waktu lalu. 

    Pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam mengatakan, setidaknya ada empat sektor utama yang perlu dievaluasi sebelum Presiden Joko Widodo meresuffle kabinetnya.. 

    "Pertama, Kementerian Kesehatan yang terbukti kinerja dan daya serap anggarannya sangat rendah yakni 2 persen dari alokasi anggaran Rp75 triliun di kala masyarakat membutuhkan penanganan cepat pandemik," ujarnya kepada RMOL, Senin (6/7/2020)

    Keterlambatan gerak ini, lanjut Umam, seolah menegaskan bahwa efek masalah kesehatan ini berimplikasi besar terhadap sektor sosial-ekonomi negara secara luas. Sektor kedua yang wajib dievaluasi menurutnya adalah Kementerian Sosial (Kemensos).Hal itu karena Kemensos masih mengalami kendala dalam pendistribusian bantuan sosial dengan alokasi anggaran sekitar Rp100 triliun. 

    "(Kemensos) menghadapi problem ke tumpang tindihan data dan teknis penyalurannya. Sementara itu, daya beli masyarakat perlu ditingkatkan melalui bansos agar ekonomi di akar rumput terus bergerak perlahan," sambungnya. 

    Sektor ketiga yang patut dievaluasi adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbus). Hal itu lantaran Mendikbud Nadiem Makarm lambat dalam merespons persoalan pendidikan di tengah pandemik. Mulai dari PPDB yang bermasalah hingga pembelajaran jarak jauh yang diskriminatif. 

    "Terakhir adalah Kementerian bidang ekonomi, baik di level Kemenko Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan lainnya," tegasnya. "Pelambatan kinerja di sektor-sektor strategis itu perlu dievaluasi untuk mengoptimalkan daya ungkit kebangkitan ekonomi pasca new-normal," tutup Khoirul. (int/nv) 



     
    Berita Lainnya :
  • Jokowi Perlu Evaluasi Sejumlah Sektor Sebelum Resuffle Kabinet
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    BERITA PILIHAN +
    01 3 Hari Lagi, 4 Uang Rupiah Ini Tak Berlaku pada 2019
    02 Peras Warga yang Mengurus Surat Tanah, Uang Rp 10 Juta Jadi Barang Bukti
    03 Masih Tinggi, Dolar AS Pagi Ini Rp 15.195
    04 Polda Jabar Limpahkan Pelaporan Ratna Sarumpaet ke Metro Jaya
    05 Jurnalis Arab Saudi Hilang, Turki Curigai 2 Mobil Van Konsulat
    06 Inovasi dan Nilai Transformasi Digital Jadi Tema IKF VII
    07 Dolar AS Nyaris Rp 15.300, Money Changer Masih Sepi
     
     
     
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2018 SOROTone.com | Berita dan Gaya Hidup, all rights reserved